Sabtu, 21 November 2020

Sebelum Membeli Tinta Printer, Ketahui Dulu Jenisnya, Yuk!

Printer

Sebelum memutuskan membeli printer, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui jenis tinta printer yang nantinya akan digunakan pada printer tersebut. Tentu saja, mengidentifikasi tinta printer di awal dapat membantu Anda menentukan jenis printer yang ingin Anda beli di laman jual printer murah, salah satunya Brother. 


Berikut merupakan beberapa jenis tinta printer tersebut seperti yang dilansir dari Liputan6.com.


1. Tinta Cair 

Tinta cair biasanya digunakan pada Printer Inkjet. Umumnya, tinta jenis ini menghasilkan teks dan gambar dengan cara menyemprotkan tetesan kecil ke kertas. Tinta cair ini pun tersedia dalam dua bentuk, yakni tinta dye-based yang lebih murah dan tinta pigmen yang lebih mahal. 


2. Tinta Toner

Tinta toner merupakan salah satu jenis tinta printer yang banyak digunakan pada printer laser dan LED. Tinta jenis ini biasanya terbuat dari partikel kecil pigmen dan memanfaatkan cahaya yang kuat untuk mengisi drum yang berputar di printer. Drum inilah yang memadukan toner ke kertas dengan panas dan menanamkan partikel ke permukaan.


3. Tinta Padat

Tinta padat terbuat dari partikel pigmen yang tertanam dalam lilin yang mirip krayon. Printer yang menggunakan tinta ini umumnya menggunakan print head, yang dipanaskan untuk melelehkan lilin dan menyimpannya di atas kertas sehingga membentuk gambar multilayer.


4. Tinta Pita

Tinta pita biasanya digunakan pada Printer Impact dan Dot-Matrix. Kartrid printer ini berisi pita kain panjang pada roda dan melewati reservoir tinta. Setelah pemasangan, pita akan jatuh di antara kepala cetak dan kertas. Tinta jenis ini umumnya tersedia dalam varietas monokrom atau merah-hitam.


5. Tinta Pigmen

Tinta pigmen atau durabrite merupakan jenis tinta printer yang banyak digunakan pada Printer Inkjet. Tinta ini memiliki hasil cetakan yang sangat tajam dan tahan air di semua jenis kertas, baik itu hvs atau kertas foto. 


6. Tinta Sublimasi

Tinta ini biasanya digunakan pada Printer Infus dan seringkali dimanfaatkan untuk mencetak berbagai jenis media seperti kaos, mug, pin, atau media lain selain kertas. Tinta jenis ini mengasilkan warna yang lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. 


7. Tinta Tekstil

Tinta tekstil digunakan untuk media garmen seperti kaus, katun, dan pakaian berbahan polyester. Tinta ini biasa digunakan pada printer DTG. Jenis tinta ini cenderung tajam, cerah, halus dan tidak mudah luntur.


8. Tinta Solvent

Tinta ini banyak digunakan dalam pencetakan banner, spanduk, billboard, neonbox, dan outdoor printing lainnya karena hasil cetaknya lebih awet. Kekurangan dari tinta ini adalah baunya yang cukup menyengat sehingga kurang cocok digunakan untuk keperluan indoor.


9. Tinta Eco Solvent

Berbeda dengan tinta solvent, tinta jenis ini kurang tahan terhadap sinar matahari dan air. Namun, tidak memiliki bau yang tidak terlalu menyengat sehingga lebih cocok digunakan untuk keperluan indoor dan aman jika ditaruh di dalam ruangan. 


Itu dia beberapa jenis tinta printer yang wajib untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar