Senin, 20 Juli 2020

Tindakan Preventif Bagi Genset Diesel Yang Harus Dilakukan


Kebutuhan genset Untuk dunia industri dan usaha sangat penting. Karena genset merupakan sumber listrik yang bisa diatur dan digunakan untuk berbagai keperluan. Bagi industri atau perusahaan, pentingnya genset menjadi bagian dalam memperlancar proses menghasilkan suatu produk atau jasa. Maka dari itu penting pula melakukan maintenance secara preventif pada alat genset yang digunakan. Bisa dengan melihat situs https://sewatama.com/id/pentingnya-perawatan-preventif-bagi-genset-diesel/ yang dilakukan oleh PT Sumberdaya Sewatama.

1. Pemeriksaan Umum
Ini dilakukan secara menyeluruh pada umumnya, mulai dari karburator, saringan udara, hingga berapa waktu penggunaan genset dalam sehari. Pemeriksaan umum ini ditekankan pada kerja genset secara menyeluruh. Dan bagian-bagian dari mesin genset apakah berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

2. Pemeliharaan Sistem Pelumas
Hal ini dilakukan pada mesin genset untuk pemeliharaan sistem pelumas yaitu mengecek kualitas oli. Oli yang digunakan sangat berpengaruh pada kualitas yang dihasilkan pada kerja mesin genset. Oleh karena itu, untuk sistem pelumas harus dilakukan pengecekan apakah berfungsi dengan baik atau tidak pada mesin genset. Pelumas ini merupakan bagian penting agar mesin bekerja dengan sempurna tanpa hambatan.

3. Pemeliharaan Sistem Pendingin
Untuk genset yang digunakan pada perusahaan atau industri terdapat sistem pendingin. Mesin yang digunakan terus menerus tentu akan menjadi panas, sistem pendingin akan menstabilkan daya panas tersebut. Perhatikan bagaimana sistem pendingin bekerja, apakah berfungsi dengan baik atau tidak pada mesin. Karena jika terjadi ketidakfungsian sistem pendingin, mesin akan semakin panas dan akibatnya akan terbakar.

Untuk melakukan perawatan preventif ini penting memperhatikan berbagai ketentuan yang ada. Karena tindakan preventif apalagi bagi genset diesel merupakan hal yang sangat penting. Tidak mungkin sebuah mesin digunakan terus menerus oleh perusahaan atau industri tanpa adanya perawatan.

Pentingnya perawatan dari PT Sumberdaya Sewatama ini agar mesin tetap awet digunakan dan juga mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Jika mesin genset diesel bisa awet digunakan tentu perusahaan atau industri tidak perlu membeli mesin baru. Tindakan preventif ini juga digunakan untuk melihat peluang apakah mesin genset tetap berjalan dengan baik atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar