Selasa, 11 Februari 2020

Yuk Ketahui Tips Merawat Orang Tua yang Pikun

Cara Merawat Orang Tua

Kondisi usia yang semakin tua bisa menyebabkan seseorang kembali berperilaku seperti anak-anak. Komunikasi tidak berjalan lancar akibat mengalami pikun bisa menyebabkan orang yang merawatnya kesulitan. Namun, sebagai seorang anak yang sudah dirawat hingga besar tentunya merawat orang tua yang sudah pikunmerupakan suatu  kewajiban. 
Agar lebih tahu bagaimana cara merawat orang tua yang pikun, mari kita ulas paparannya seperti kami rangkum dari blog http://gumilar.net/.

Cara Merawat Orang Tua Pikun dengan Baik

1. Mencarikan Pengobatan Dengan Cara Hipnoterapi
Salah satu solusi paling tepat untukmenangani orang yang pikun adalah dengan melakukan terapi. Hipnoterapi dinilai sangat efektif dalam menyembuhkan kondisi ini. Hal ini dikarenakan penyembuhan ini menggunakan pikiran bawah sadar.Namun, dalam memberikan hipnoterapi ini,orang-orang terdekat harus meminta bantuan dokter atau hipnoterapis yang tepat. Selain itu, anda harus selalu menemani orang tua ketika menjalani terapi. 

2. Memahami Merawatnya Sebagai Suatu Kewajiban
Keadaan merawat orang yang pikun seringkali membuat kita merasa putus asa dan ingin menyerah. Padahal merawat orang tua merupakan salah satu kewajiban anak. Selain itu, perbuatan ini sebagai salah satu balasan dari anak setelah dibesarkan oleh orang tua. Agar pekerjaan merawat orang tua yang pikun terasa lebih ringan dan mudah, ingatlah bagaimana ketika orang tua anda dengan sabar mengurus anda ketika masih kecil. 

Agar tidak sampai uring-uringan, melakukan pekerjaan orang tua harus diiringi dengan niat ikhlas dan tulus. Pekerjaan ini memang bukan tergolong mudah dan membutuhkan kesabaran yang lebih. Apalagi jika kondisi orang tua sudah tidak bisamelakukan kegiatan secara mandiri dengan kondisi tubuh yang lemah.

3. Mengucapkan Kata-Kata yang Lembut
Kondisi usia yang lanjut sangat rentan terhadap depresi, sehingga sebagai seorang anak anda harus selalu memperhatikan kondisinya. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata menyakitkan yang akhirnya  bisa menyebabkan orang tua mudah terkena stress. Jika memang mereka memiliki gangguan pendengaran, maka anda harus berbicara dengan jarak yang lebih dekat. Selain itu, jangan berbicara keras dan membentak yang bisa melukai perasaannya.

4. Mendampingi Orang Tua Ketika Melakukan Kegiatan yang Disukai
Meskipun kondisi orang tua yang pikun harus lebih banyak istirahat, namun rasa bosan seringkali menghampirinya. Kurangnya kegiatan bisa menyebabkan orang tua rentan terhadap stres. Biasanya ada beberapa kegiatan yang ingin dilakukan oleh orang tua untuk mengisi waktu, entah itu berkebun, berolahraga maupun menyulam. Sebagai anak,anda harus mendukung dan menemaninya menjalani kegiatan tersebut, agar orang tua lebih semangat.

5. Memberikan Makanan yang Sehat
Kondisi usia lanjut sangat rentan terhadap bebrapa penyakit. Maka dari itu,perlu adanya pemilihan jenis makanan yang tepat untuk orang tua. Hindari memberi makanan yang bisa menyebabkan penyakitnya semakin kambuh. Usahakan untuk selalu memasak makanan yang dikonsumsi oleh orang tua. Pilihlah masakan yang lebih sehat untuk orang tua yang pikun.

6. Rutin Membawa Orang Tua ke Dokter. 
Karena kondisi orang tua sangat rentan terkena penyakit seperti kolesterol, asam urat hingga diabetes, maka anda harus rutin membawanya ke dokter. Dengan memeriksakan kesehatan setiap waktu anda bisa tahu mengenai gejala apa saja yang dialami, serta pengobatan apa yang tepat untuk dilakukan. Jika doketr memberikan resepobat, maka anda harus memberikan kepada orang tua serta mengingatkan untuk meminum obat tersebut sesuai anjuran dokter.

7. Banyak Belajar dan Berlatih Mengenai Cara Merawat yang Baik
Agar lebih memahami bagaimana cara merawat orang tua dengan baik, maka anda perlu belajar dan berlatih. Perbanyak membaca buku mengenai perawatan orang sakit, menanyakan kepada dokter dan perawat tentang cara merawat orang yang sakit seperti cara memberikan obat hingga membersihkan luka-luka. Apalagi jika kondisi orang tua yang pikun tidak bisa beraktivitas sama sekali sehingga hanya bisa berbaring saja di kamar. 

Kondisi orang tua yang sdah pikun memang membuat anak yang merawatnya harus lebih sabar. Maka dari itu, orang yang merawat harus mengetahui cara memperlakukan orang tua dengan baik, apalagi jika kondisinya sedang sakit. Upaya penyembuhan terhadap orang yang pikun bisa dilakukan dengan melakukan hipnoterapi. Penyembuhan ini melibatkan pikiran bawah sadar agar kondisi jiwa orang tua lebih tenang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar