Kamis, 13 Februari 2020

Tanya Dokter Online Kandungan: Inilah Beberapa Keluhan yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil Muda

Tanya Dokter Kandungan

Kehamilan menjadi salah satu momen bahagia bagi para pasangan yang sudah menikah. Terlebih jika kehamilan yang dialami oleh sang istri adalah yang pertama kali. Bisa dibayangkan jika tidak hanya sang calon ibu saja yang antusias menunggu kelahiran sang buah hati, namun sang ayah pun juga tidak kalah antusiasnya. Ketika ibu masih berada di masa-masa awal kehamilan sering disebut juga hamil muda, sering sekali mengalami keluhan-keluhan tertentu. Hal ini membuat beberapa ibu hamil mencari tahu penyebabnya, namun tak sedikit juga ada yang berkonsultasi atau tanya dokter online kandungan .

Keluhan-keluhan yang terjadi ini lantaran mulai adanya janin di dalam kandungan yang membuat dari bulan ke bulan juga terjadi adanya perubahan fisik. Keluhan-keluhan ini umumnya terjadi saat trimester pertama, dimana tubuh sang ibu masih beradaptasi dengan janin yang bertumbuh kembang di dalam tubuhnya. Beberapa keluhan yang umum terjadi, antara lain:

1. Sering mengantuk di siang hari.
Di awal kehamilan, ibu hamil akan dibanjiri dengan hormon progesteron. Hormon ini berperan dalam mengatur siklus reproduksi. Hormon progesterone tidak hanya membuat ibu hamil menjadi mudah mengantuk pada siang hari, namun juga bisa mengganggu tidur pada malam hari. 

2. Merasa mual.
Kondisi mual saat masuk di minggu-minggu awal kehamilan atau yang dikenal dengan nama morning sickness memang tergolong umum dialami oleh ibu hamil. Untuk mengurangi mual di malam hari, ibu bisa menyiapkan makanan ringan seperti cracker. Hal ini akan membantu dengan baik sehingga bisa tidur kembali. Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi minuman jahe hangat sebelum tidur atau sepanjang hari.

3. Kelaparan di tengah malam hari.
Ibu hamil akan sering sekali merasakan lapar. Hal ini tak jarang menyebabkan susah untuk tidur. Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, dan buah-buahan segar agar merasakan kenyang dan menambah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mengatasi rasa lapar yang seringkali muncul, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering, bukan makan besar tiga kali sehari. Sehingga ibu hamil dan janin dalam kandungannya mendapatkan nutrisi yang stabil. 

4. Sering buang air kecil.
Rahim yang berkembang karena adanya janin akan menekan kandung kemih. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil. Kondisi ini umum terjadi pada awal dan akhir kehamilan. Untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil bisa mencoba minum banyak cairan pada siang hari dan menguranginya pada sore atau malam hari. selain itu, hindari juga mengkonsumsi protein.

5. Insomnia.
Pada ibu hamil sulit sekali untuk tidur bisa dikarenakan banyak hal. Ada yang dikarenakan rasa cemas karena akan menjadi seorang ibu, sulit menemukan posisi tidur yang nyaman, merasa mulas, dll. Namun ternyata, insomnia pada ibu hamil tergolong salah satu keluhan yang umum terjadi. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa mencoba melakukan rutinitas santai yang bisa menenangkan setiap malam hari, seperti berendam dengan air hangat, mengkonsumsi segelas susu hangat, membaca buku yang disukai, melakukan beberapa teknik relaksasi, dll agar merasa tenang dan siap untuk tidur.

Nah, itu tadi beberapa keluhan umum yang sering dialami oleh ibu hamil muda. Bagi Anda yang mengalami keluhan yang tergolong berat dan tidak wajar, sebaiknya konsultasikan atau tanya dokter online kandungan di Halodoc yang melayani konsultasi seputar kesehatan Anda, termasuk juga bagi yang sedang hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar