Kamis, 30 Januari 2020

Mengenal 10 Ragam Motif batik Populer Khas Berbagai di Daerah Indonesia

Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Indonesia dan batik, memang menjadi 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Dari dulu batik sangat umum digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat Indonesia. Pengunaan kain batik biasnaya akan dikombinasikan dnegan kebaya dan pakaian adat lainnya, bahkan model batik kian berkembang model batik terbaru 2020 yang juga bisa mix & match dengan pakaian apapun.

Kata batik sendiri berasal dari bahasa jawa Ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik. Kedua kata tersebut berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai membuat titik-titik pada kain yang lebar. Batik juga diartikan secara lebih umum sebagai kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain.  Berikut beberapa batik dari berbagai daerah di Indonesia. 

Batik Tujuh Rupa Pekalongan 
Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai daerah pengrajin batik dan pusat batik. Berbagai motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota pekalongan. Ciri khas batik pekalongan yaitu didominasi dengan motif tumbuh tumbuhan dan hewan. Batik pekalongan akan sangat cantik jika dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

Batik Keraton 
Batik Keraton adalah batik yang awalnya dibuat oleh para putrid an pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Motif batik keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sacral dan sarat akan filisofi kehdupan. Karenanya, dulu batik keraton hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja. 

Batik Parang Rusak 
Motif batik ini pasti sering kita lihat. Motif batik Parang rRusak adalah motif batik yang sangat popular di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak mengandung arti yang mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup, Batik Parang Rusak sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinana berbahan batik.

Batik Lasem
Batk Lases merupakan batik yang berasal dari daerah yang bernama Lasem yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan juga Jawa timier, Batik Lasem memiliki ciri khas warna merah menyala. Hal ini disebabkan karena batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina

Batik Priyangan Tasikmalaya 
Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dari ciri khasnya yang memiliki corak yang rapat, rapi serta berkelas. Dominasi motif rumput serta tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik priyangan.

Batik Bali
Dari berbagai macam ragam batik. Batik dari Pulau Dewata ini juga tidak kalah popular. Motif batik bali yang banyak terinspirasi dari berbagai macam hewan seperti banagu, kura-kura juga rusa. Ditambah warna-warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan warna cerah, biru, kuning dan juga ungu.

Batik malang 
Kota malang, jawa timur juga mempunyai motif batik kebangaan. Batik malang memiliki ciri khas warna cerah. Motif batik malang juga unik, yakni kombinasi gambar-gambar candi yang ada di kota tersebut. 


Batik Pring Sedapur Magetan 
Batik Pring Sedapur Magetan adalah pilihan batik dengan motif sederhana dan juga simple. Meski begitu, batik Pring Sedapur sarat akan makna filososfis. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tanaman bamu yang mengandung arti hidup rukun dan juga tentram. 

Batik Betawi
Betawi juga mempunyai batik, yang biasnaya muncul pada hari kebudayaan Betawi. Pilihan warna warna cerah yang mencolok dipadukan dnegan motif unik khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong yang menjadi ciri khas batik Betawi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar