Kamis, 09 Januari 2020

Masalah yang Ditangani Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Spine di Jakarta Utara

dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi
Ilustrasi
Tubuh tersusun dari tulang-tulang yang tersusun secara beraturan guna menopang tubuh. Posisi tulang yang tidak pada tempatnya atau salah dapat mempengaruhi postur tubuh manusia. Tulang belakang memang agak sedikit melengkung untuk membantu pergerakan tubuh, hal tersebut normal. Tetapi kelengkungan yang tidak biasa pada tulang belakang menyebabkan kelainan tulang belakang. Apabila mengalami gangguan kelengkungan yang berlebih menyebabkan tidak sejajar. Jika Anda memiliki masalah terkait tulang belakang bisa mengunjungi dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi spine di Jakarta Utara  .

Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi ialah dokter yang memiliki fokus untuk menangani cedera dan penyakit pada sistem muskuloskeletal tubuh, mencakup tulang, sendi, tendon, saraf dan otot. Cedera tersebut dapat sebabkan ketika olahraga atau karena mengalami kecelakaan. Bisa juga karena penyakit-penyakit tertentu. Dokter tersebut menyelesaikan pendidikan kurang lebih 5 tahun dengan menyandang gelar spesialis orthopaedi (Sp. OT). Pasien yang ditangani beragam, dari usia bayi, anak-anak hingga lanjut usia.

Sebagian orang menganggap bahwa dokter tersebut hanya menangani masalah patah tulang, padahal tidak demikian. Dokter orthopaedi tidak hanya menangani masalah tersebut saja. Banyak gangguan medis yang bisa ditangani dokter spesialis ini., diantaranya yaitu adanya masalah pada tulang, sendi serta struktur yang berkaitan dengan gerakan seperti otot, urat dan saraf. Bahkan atlet yang mengalami cedera seringkali dirujuk ke dokter spesialis orthopaedi. Lebih khususnya berikut masalah-masalah yang ditangani dokter spesialis ini:

1. Gangguan yang dapat menyerang tulang diantara yaitu infeksi tulang, patah tulang, osteoporosis, tumor tulang serta deformitas tulang.
2. Gangguan yang dapat menyerang persendian, seperti diantaranya radang sendi, robekan ligament, nyeri sendi, bursitis, pergeseran sendi, dislokasi, pembengkakan pada sendi dan lainnya.
3. Gangguan medis yang terjadi pada tulang belakang, meliputiskoliosis, patah tulang belakang, cedera tulang, nyeri punggung belakang serta tumor tulang belakang.
4. Gangguan yang dapat menyerang area lutut, seperti diantaranya nyeri lutut, cedera meniskus, robek, ligamen terkilir serta tendinitis.
5. Keadaan sakit seperti nyeri tumit serta pergelangan kaki sehingga mengakibatkan kesulitan pergerakan pada kaki.
6. Kondisi yang dapat menyerang pergelangan tangan dan tangan, meliputi patah tulang tangan, patah pergelangan tangan serta kista ganglion.
7. Penyakit yang dapat menyerang otot jaringan lunak seperti cedera otot dan jaringan lunak, atrofi, tumor atau kanker jaringan lunak hingga infeksi pada jaringan lunak.

Apabila Anda mengalami macam penyakit tersebut sebaiknya Anda segera memeriksakan diri. Tanda atau gejala yang menandakan perlunya konsultasi yaitu nyeri pada bagian otot, sendi atau tulang yang tidak kunjung membaik, terjadinya pembengkakan sendi disertai nyeri atau panas ketika disentuh, kaku pada otot, sendi serta tulang, mati rasa pada bagian tertentu setelah mengalami cedera dan perubahan yang terjadi pada sendi atau tulang yang mengakibatkan kesulitan untuk beraktivitas sehari-hari.

Sebaiknya sebelum berkonsultasi catat semua keluhan yang Anda rasakan secara detail. Mulai kapan Anda mengalami atau rasa sakit yang seperti apa yang Anda rasakan. Kemudian mengingatkan apa-apa saja yang terjadi pada Anda, mengalami cedera atau tidak. Tidak lupa kumpulkan riwayat medis, pengobatan yang pernah dijalankan serta riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Hal tersebut tentunya sangat membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit apa yang sedang Anda derita. Dalam memilih dokter tidak bisa sembarangan. Anda bisa meminta rekomendasi berbagai pihak terkait latar belakang hingga pelayanan yang diberikan. Salah satu yang menjadi rekomendasi yaitu dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi spine di Jakarta Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar