Selasa, 05 November 2019

Agar Tidak Asal, Yuk Ketahui SOP Kasir Toko Bangunan Disini

Kasir

Sebagai seseorang yang memiliki profesi dengan tanggung jawab dalam melakukan transaksi, kehadiran kasir sangat dibutuhkan oleh para pemilik bisnis. Tidak mengherankan jika profesi satu ini disebut sebagai ujung tombak toko, sebab keberadaannya untuk melayani pelanggan pada tahap akhir yang sangat penting. Untuk mengetahui apa saja tugasnya, yuk simak apa itu SOP kasir toko bangunan.

Program yang Diterapkan Oleh Kasir Toko Bangunan

1.  Menjalankan Proses Penjualan Dan Penerimaan Pembayaran
Ketika memegang dalam posisi ini, ada baiknya anda melakukannya dengan sikap yang sopan dan ramah. Selain itu, diperlukan penampilan rapi dan bersih untuk menyambut pelanggan yang akan membeli produk anda. Hal ini menjadi penting karena, kasir akan berhadapan langsung dengan para pelanggannya. Selain penampilan, seorang kasir perlu memliki kemamapuan berkomunikasi yang baik dengan para pelanggan, agar suasana tidak terkesan kaku. 

Tidak hanya itu saja, sebab seorang kasir harus memiliki sifat teliti dalam pengecekan uang dan barang yang telah dibeli oleh pelanggan anda. Lakukan pengecekan uang yang diberikan pelanggan, apakah itu palsu atau tidak. Kemudian, berikan kembalian yang pas, tidak kurang maupun lebih. Sebab, kembalian yang tidak sesuai dapat merugikan perusahaan. Kasir juga bisa mengecek barang yang akan dibeli pelanggan, agar tidak ada kekurangan ataupun kecatatan. 

2. Mencatat Setiap Transaksi yang Berlangsung 
Selain melakukan pengecekan barang yang akan dibeli dan pengembalian dana, ada baiknya kasir untuk mencatat setiap melakukan transaksi. Menurut apa itu SOP, kasir diharuskan teliti untuk mendata semua transaksi tanpa ada yang terlewatkan. Yang paling sering mengalami kesalahan adalah adanya akesalahan dalam penulisan angka. Kesalahan ini cukup fatal bagi perkembangan perusahaan. 

Dengan perkembangan teknologi, kini kasir tidak perlu mencatat seluruh transaksi yang telah dilakukan. Sebab, kini tugas ini telah digantikan dengan software khusus untuk menghitung segala bentuk transaksi yang bernama point of sales, dimana aplikasi ini banyak digunakan oelh minimarket terdekat. Walaupun telah menggunakan aplikasi, seorang kasir perlu untuk memastikan denagn teliti tidak ada kesalahan untuk memasukkan data yang telah dibeli pelanggan.

3. Memberikan Informasi Terkait Produk
Pelanggan kerap kali menanyakan informasi mengenai harga, ketersediaan produk, hingga menayakan tanggal kadaluarsa dari produk yang akan dibelinya. Ketika kasir memiliki kemampuan komunikasi yang baik sesuai dengan apa itu SOP, pelanggana akan menerima informasi terkait dengan produk yang akan dibeli. Ketika pelanggan memiliki kemamapuan komunikasi yang baik, pelanggan juga akan merasa nyaman untuk menanyakan informasi terkait produk.

4. Melayani Bagian Transaksi Dan Packing
Kasir tidak hanya melakukan pencatatan barang dengan menggunakan software penjualan saja, namun tugas kasir selanjutnya adalah mengajak pelanggan untuk berinteraksi secukupnya. Hal ini dilakukan untuk basa basi, atau bisa diselipkan dengan promosi produk yang lainnya. Apabila ada barang tajam yang dibeli, kasir perlu membungkusnya dengan kertas terlebih dahulu.

5. Lakukan Pengecekan Barang
Ketika proses pencatatan transaksi telah dilakukan, akan berlanjut pada tahap pembayaran. Sebelum barang diberikan kepada pelanggan, ada baiknya untuk melakukan pengecekan ulang mengenai jumlah barang, harga, dan kelayakan produk. Setelah semua transaksi telah dilakukan, pastikan untuk memberikan barang belanjaan sesuai dengan jumlah barang yang dibeli pelanggan. Hal ini harus dilakukan sesuai dengan apa itu SOP bagi kasir. 

Menjadi seorang kasir, ternyata memerlukan beberapa kemampuan seperti pekerjaan lainnya. Tidak hanya itu saja, kasir dapat dikatakan sebagai ujung tombak lainnya dari sebuah perusahaan, karena profesi ini akan berhadapan langsung dengan para pelanggannya. Bahkan kasir perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum barang diberikan kepada pelangannya. Untuk memasukkan data transaksi diharapkan tidak ada kesalahan karena dapat berakibat fatal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar