Kamis, 04 April 2019

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Print Kaos

Di kalangan anak muda, dua dekade terakhir menjadi salah satu masa terbaik bisnis pakaian. Mulai dari factory outlet, distro, hingga clothing line berbagai merk yang mampu berkembang. Produk unggulannya? Tentu saja kaos printed berbagai desain yang kerap dilirik oleh remaja dan kalangan lainnya. Harganya beragam, dengan hasil print kaos yang juga sesuai dengan harga yang ditetapkan si penjual.

Bisnis ini dinilai mampu bertahan seiring dengan perkembangan jaman. Kemudahan akses informasi dan munculnya mesin-mesin yang mampu mendukung proses produksi, menjadikan bisnis print kaos jadi pilihan. Gak cuma jadi pemilik label sendiri, kamu bisa lirik potensi bisnis dari jasa print kaos, lho. Penasaran? Catat persiapannya! 

Print Kaos DTG

Peralatan dan Bahan, ini yang paling penting sih, mau buka jasa print kaos tapi gak punya peralatan dan bahan? Gak mungkin! Kamu bisa pilih metode print yang mau digunakan. Bisa print kaos DTG (Direct to Garment), cutting atau pilih yang manual. Harga mesin biasanya bisa kamu sesuaikan dengan budget sih, tapi kalau mau pilih yang bagus kualitas hasil akhirnya, tentu uang yang dipersiapkan lebih besar kan? Begitu juga dengan tinta yang akan digunakan. Kualitas harus diperhatikan dengan baik.

Berdasarkan informasi yang penulis dapat, rata-rata harga mesin print kaos berbagai metode berkisar antara 3 hingga 30 juta Rupiah. Nah, tinggal sesuaikan deh dengan kemampuan ataupun keperluan usaha kamu. Oh iya, mesin yang spesifikasinya cukup bagus juga bisa jadi investasi loh, perhitungkan baik-baik ya. Jangan lupa juga komputer yang digunakan untuk desain kaosnya, setidaknya yang sudah dapat mengoperasikan aplikasi desain, seperti CorelDraw dan Adobe Photoshop.

Tempat Usaha, sudah punya mesin tentunya juga harus punya tempat yang bisa kamu jadikan lokasi produksi. Atau setidaknya ruangan khusus untuk meletakkan peralatan dan bahan-bahan produksi kamu. Mengapa begitu? Karena si mesin print kaos ini ukurannya cukup besar loh. 

Lokasi juga harus disiapkan dengan matang. Apalagi kalau tempat itu mau dijadikan sekaligus untuk galeri atau toko penjualan. Salah satu teman penulis yang buka bisnis print kaos bahkan rela menyewa rumah khusus untuk produksi, di kawasan strategis di kotanya. Tujuannya untuk memudahkan calon pengguna jasa menemukan lokasi sekaligus sarana promosi dan identitas usaha.

Keterampilan, buka usaha jasa print kaos tentunya harus dilakukan sendiri di awal. Keterampilan menyablon bisa kamu dapat secara otodidak atau belajar dengan teman yang punya usaha serupa. Seringkali juga ada kursus singkat dari penjual mesin cetaknya yang bisa kamu manfaatkan untuk nambah ilmu. Jangan gampang puas, terus asah keterampilannya ya. Karena bisnis print kaos itu juga perlu komitmen, gak cuma modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar