Selasa, 19 Maret 2019

6 Fakta Tentang Sakit Perut Kanan Bawah Pada Wanita

Kebanyakan orang pasti pernah merasakan masalah sakit perut. Terlebih lagi sakit perut merupakan salah satu pengalaman yang menyiksa dan dapat disebabkan karena beberapa faktor. Sakit perut juga bisa terjadi di berbagai lokasi. Salah satunya adalah sakit perut kanan bawah. Nah berikut beberapa fakta tentang sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita.  

Sakit Perut Kanan Bawah

1. Janin Bergerak ke Sebelah Kanan
Penyebab yang satu ini pada umumnya terjadi pada wanita hamil. Salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan bawah selama masa kehamilan adalah janin yang bergerak ke kanan. Rasa nyeri yang satu ini pada umumnya akan mulai terjadi pada usia kehamilan di atas 6 bulan. Terlebih lagi janin yang aktif bergerak ini tentunya akan menimbulkan rasa nyeri pada ibu hamil. 

2. Menstruasi
Rasa nyeri yang terjadi pada perut bagian kanan bawah juga bisa disebabkan karena gejala awal menstruasi atau selama siklus haid berlangsung. Memang tak semua wanita mengalaminya. Namun ada juga beberapa wanita yang merasakan kram yang luar biasa pada perut bagian kanan selama masa menstruasi hingga maksimum menginjak hari ke-3 datang bulan. 

3. Kehamilan Ektopik
Kehamilan ektopik merupakan kehamilan tidak normal yang terjadi di luar rahim. Pada umumnya kehamilan yang seperti ini membuat janin tidak bisa berkembang dengan baik dan meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Biasanya wanita yang mengalami kehamilan ektopik juga akan merasakan nyeri pada perut bagian kanan bawah yang disertai dengan gejala awal kehamilan. 

4. Adanya Radang Pada Bagian Bawah Tubuh
Meski sudah banyak sekali diadakan berbagai sosialisasi pencegahan, namun radang memang gangguan yang sulit untuk diatasi. Terlebih lagi radang yang terjadi pada bagian bawah tubuh juga sering membuat wanita merasakan nyeri yang hebat pada perut bagian kanan bawah. Radang panggul merupakan salah satu gangguan yang paling kerap dialami oleh wanita. 

5. Memiliki Kista Ovarium di Sebelah Kanan
Kista merupakan penyakit kronis yang bisa saja dialami olah wanita. Kista juga sering disebut sebagai tumor jinak. Meski bukan merupakan penyakit yang berbahaya, namun seiring berjalannya waktu kista ini juga bisa berkembang menjadi lebih besar dan menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitaannya. Bahkan penyakit ini juga menyebabkan nyeri pada perut bagian kanan. 

6. Adanya Penyakit Hernia Hiatus
Meski sebagian besar penyakit hernia dialami oleh anak-anak, namun tak menutup kemungkinan orang dewasa juga akan mengalaminya. Pada umumnya penyakit hernia dibagi menjadi 2 jenis yaitu hernia ingunialis yang cenderung menyerang jaringan tubuh lainnya dan hernia hiatus yang menyebabkan usus dari penderita menjadi turun. 

Itulah beberapa fakta sakit perut kanan bawah dan kemungkinan penyakit yang dialami oleh wanita. Paling tidak dengan membaca ulasan di atas Anda jadi mengetahui mengenai apa saja penyebab nyeri pada perut bagian kanan bawah. Jika sering mengalaminya, pastikan segera periksa ke dokter. Anda juga bisa mendapatkan tips menarik lainnya hanya di orami.co.id.  

1 komentar: