Rabu, 26 Februari 2020

Garasi ID

Membeli mobil secara kredit ternyata bukan hanya bisa digunakan untuk mobil keluaran baru, bahkan sekarang ini mobil bekas yang harganya jauh lebih murah sudah di dapatkan dengan skema pembayaran secara kredit, tak ayal sekaran ini masyrakat Indonesia sudah banyak melirik kredit mobil bekas.

Sistem kredit mobil bekas tak berbeda dengan fasilitas cicilan lainnya. Simpelnya, Anda dapat memilih mobil bekas idaman, mencari lembaga keuangan pemberi kredit, membayar uang muka, lalu melakukan cicilan hingga lunas.

Dengan membeli mobil bekas dengan skema kreditpun dirasa mempunyai beberapa kelebihan, seperti harga mobil yang lebih murah sampai surat-surat kendaraan yang sudah siap tanpa harus lama menunggu.

Namun sebelum melakukan pengajuan kredit mobil bekas, pastikan dulu 5 Hal ini, mulai dari:

Surat kelengkapan
Saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan Anda meminta bukti kelengkapan surat seperti BPKB, STNK dan buku service sebagai informasi dan rekam jejak mobil dari pemilik sebelumnya. Anda harus teliti dalam memperhatikan keaslian surat dan dokumen tersebut, karena ini akan memudahkan Anda dalam proses balik nama, menghindari dari pembelian mobil curian, dan sebagainya.

Tentukan jenis mobil yang mau diambil
Ini juga penting untuk dipertimbangkan lebih dahulu, jangan sampai jenis mobil yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Pilih mobil yang tahun produksinya belum terlalu lama. Karena usia mobil biasanya berpengaruh terhadap performanya.

Kalau kamu masih single dan mobil yang akan kamu beli digunakan sehari-hari, kamu bisa pilih mobil hatchback yang gak memerlukan ruang banyak. Tapi kalau mobil yang bakal dibeli buat digunakan keluarga sekaligus dipakai usaha, kamu bisa pilih mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil jenis ini biasanya bisa angkut muatan lebih banyak dengan kabin yang lebih luas.

Pastikan Keuangan Sehat
Buat kamu yang ngebet pengin ngambil kredit mobil bekas, alangkah baiknya cek dulu kondisi keuangan kamu. Kalau udah punya hitungan matang, kamu bakal lebih siap dalam mencicil tiap bulannya. Hitungan yang paling mudah untuk menentukan keuangan kamu sehat atau tidak adalah dengan menghitung jumlah penghasilan kamu setiap bulan, kemudian kalian hanya boleh mempunyai cicilan tidak boleh dari 30 persen dari jumlah seluruh penghasilan bulanan kamu.

Pastikan kondisi mobil
Yang namanya mobil bekas, pastinya mempunyai bebrapa kekurangan atau kerusakan, untuk itu wajib hukumnya untuk memeriksa secra keseluruhan kondisi mobil yang akan diambil. Ini berguna untuk meminimalisir biasa tambahan yang mungkin akan terjadi di kemudian hari, kalo saja ada kerusakan. Membawa tenaga ahli untuk mengecek keadaaan mobil bisa menjadi salah satu pilihan apabila anda tidak terlalu mengerti tentang mobil. Dan yang terakhir

Jangka Waktu Kredit & Suku Bunga
Jangka waktu kredit perlu untuk diperhitungkan dengan matang, karena akan mempengaruhi besarnya cicilan setiap bulan. Ada yang menawarkan jangka waktu 1 tahun, 3 tahun bahkan 5 tahun. Namun sebaiknya pilihlah yang jangka waktunya tidak terlalu singkat karena cicilan sudah pasti lebih besar. Hindari juga jangka waktu terlalu lama karena Anda juga akan mengeluarkan uang lebih banyak karena suku bunga yang dikenakan. Idealnya jangka waktu 3 tahun cocok untuk dipilih agar dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan.

Suku bunga juga turut diperhitungkan karena ini juga berpengaruh terhadap besarnya cicilan mobil. Bunga cicilan kredit mobil baru sebenarnya lebih murah yakni 3% per tahun, dibandingkan dengan kredit mobil bekas yang bunganya bisa mencapai 9% pertahun. Namun biasanya perusahaan yang baik dan mapan keuangannya akan menetapkan suku bunga yang lebih rendah sehingga cicilan Anda bisa lebih ringan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil bekas dengan skema pembayaran kredit, jika kalian masih bingung kalian bisa dengan mudah membeli mobil bekas dengan cara klik Garasi.id Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mebantu.

Senin, 17 Februari 2020

Sabun Sparkle

Salah satu pekerjaan rumah yang paling merepotkan dan juga melelahkan adalah mencuci piring, apalagi jika kamu memiliki kulit tangan yang sensitive terhadapa sabun yang digunakan untuk membersihkan atau mencuci piring.

Mencuci piring memang bagian dari pekerjaan rumah yang paling ngerepotin! Supaya nggak bikin makin pusing, perlu banget nih buat pakai sabun cuci piring yang ampuh. Kalau sabun cuci piringnya ampuh menghilangkan noda dan minyak di piring, pastinya mencuci piring jadi lebih cepat.

Faktanya, semakin lemah kandungan alkali Fdan semakin banyak kandungan surfaktan, maka semakin kuat daya bersih sabunnya. Jangan lupa untuk memilih sabun yang mudah dibilas supaya lebih efisien waktu. Salah satu sabun cuci piring yang memenuhi kriteria tersebut adalah sabun sparkle.

Kenapa sabun sparkle adalah sabun cuci piring yang tepat untuk dipakai oleh orang yang memiliki kulit sensitive adalah pertama karena salah satu bahan didalamnya adalah aloe vera. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sabun cuci piring dengan bahan Aloe Vera dapat menjadi pilihan Anda yang terbaik. Bahan yang terbuat dari lidah buaya ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Di mana lidah buaya dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan juga tetap lembab. 

Tidak hanya itu, kandungan baik yang terdapat di dalam lidah buaya juga dapat memperbaiki kondisi kulit Anda. Hal tersebutlah yang membuat bahan satu ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari sabun cuci piring yang tepat untuk si kulit sensitif.

Kedua, pilih sabun cuci piring yang secara efektif membersihkan piring. Selain mempertimbangkan perihal bahan sabun cuci piring tersebut, sebaiknya Anda juga memilih sabun cuci piring yang secara efektif mampu membersihkan kotoran di piring dengan maksimal. Di mana sabun cuci piring satu ini juga akan memudahkan aktivitas mencuci piring Anda. Anda pun tidak akan membutuhkan waktu yang terlalu lama pada saat akan mencuci piring. 

Secara alami, sabun cuci piring sangat bagus untuk mencuci panci, wajan, piring, dan perak. Namun sebenarnya sabun sparkle bisa dipakai untuk beberapa hal lainnya seperti:

1. Pembersih lantai
Tambahkan saja beberapa tetes sabun cuci piring ke seember air yang sangat hangat. Ini adalah solusi sederhana yang akan membuat lantai kayu, laminasi, ubin, dan bahkan semen Anda terlihat fantastis.

2. Pembersih Alat Serba Guna
Lain kegunaan besar untuk sabun cuci piring adalah sebagai solusi pembersih serbaguna untuk peralatan rumah tangga Anda. Demikian ulasan mengenai manfaat sabun sparkle pencuci piring, semoga bermanfaat.

3. Solusi Sampah Sabun
Sisa-sisa gunky di dinding bathtub dan shower Anda bisa menjadi susah dibersihkan, itulah sebabnya banyak orang menggunakan solusi keras yang tidak perlu untuk mengatasi masalah tersebut. Tendang bahan-bahan kimia itu ke pinggir jalan, karena membersihkan bak mandi adalah salah satu kegunaan kami untuk sabun cuci piring. Dan yang tak kalah menarik sabun sparkle bisa juga sebagai bahan untuk

4. Pembersih jendela
Tahukah Anda bahwa sabun cuci piring juga pembersih jendela yang luar biasa. Ia memotong film-film berminyak dan meninggalkan hasil akhir yang bagus dan bersih. Cukup tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke seember air hangat, dan Anda siap melakukannya. Anda juga dapat menambahkan sekitar 1/2 cangkir cuka untuk tindakan ekstra memerangi kotoran.

Kamis, 13 Februari 2020

Tanya Dokter Kandungan

Kehamilan menjadi salah satu momen bahagia bagi para pasangan yang sudah menikah. Terlebih jika kehamilan yang dialami oleh sang istri adalah yang pertama kali. Bisa dibayangkan jika tidak hanya sang calon ibu saja yang antusias menunggu kelahiran sang buah hati, namun sang ayah pun juga tidak kalah antusiasnya. Ketika ibu masih berada di masa-masa awal kehamilan sering disebut juga hamil muda, sering sekali mengalami keluhan-keluhan tertentu. Hal ini membuat beberapa ibu hamil mencari tahu penyebabnya, namun tak sedikit juga ada yang berkonsultasi atau tanya dokter online kandungan .

Keluhan-keluhan yang terjadi ini lantaran mulai adanya janin di dalam kandungan yang membuat dari bulan ke bulan juga terjadi adanya perubahan fisik. Keluhan-keluhan ini umumnya terjadi saat trimester pertama, dimana tubuh sang ibu masih beradaptasi dengan janin yang bertumbuh kembang di dalam tubuhnya. Beberapa keluhan yang umum terjadi, antara lain:

1. Sering mengantuk di siang hari.
Di awal kehamilan, ibu hamil akan dibanjiri dengan hormon progesteron. Hormon ini berperan dalam mengatur siklus reproduksi. Hormon progesterone tidak hanya membuat ibu hamil menjadi mudah mengantuk pada siang hari, namun juga bisa mengganggu tidur pada malam hari. 

2. Merasa mual.
Kondisi mual saat masuk di minggu-minggu awal kehamilan atau yang dikenal dengan nama morning sickness memang tergolong umum dialami oleh ibu hamil. Untuk mengurangi mual di malam hari, ibu bisa menyiapkan makanan ringan seperti cracker. Hal ini akan membantu dengan baik sehingga bisa tidur kembali. Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi minuman jahe hangat sebelum tidur atau sepanjang hari.

3. Kelaparan di tengah malam hari.
Ibu hamil akan sering sekali merasakan lapar. Hal ini tak jarang menyebabkan susah untuk tidur. Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, dan buah-buahan segar agar merasakan kenyang dan menambah nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Untuk mengatasi rasa lapar yang seringkali muncul, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering, bukan makan besar tiga kali sehari. Sehingga ibu hamil dan janin dalam kandungannya mendapatkan nutrisi yang stabil. 

4. Sering buang air kecil.
Rahim yang berkembang karena adanya janin akan menekan kandung kemih. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil menjadi lebih sering buang air kecil. Kondisi ini umum terjadi pada awal dan akhir kehamilan. Untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil bisa mencoba minum banyak cairan pada siang hari dan menguranginya pada sore atau malam hari. selain itu, hindari juga mengkonsumsi protein.

5. Insomnia.
Pada ibu hamil sulit sekali untuk tidur bisa dikarenakan banyak hal. Ada yang dikarenakan rasa cemas karena akan menjadi seorang ibu, sulit menemukan posisi tidur yang nyaman, merasa mulas, dll. Namun ternyata, insomnia pada ibu hamil tergolong salah satu keluhan yang umum terjadi. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa mencoba melakukan rutinitas santai yang bisa menenangkan setiap malam hari, seperti berendam dengan air hangat, mengkonsumsi segelas susu hangat, membaca buku yang disukai, melakukan beberapa teknik relaksasi, dll agar merasa tenang dan siap untuk tidur.

Nah, itu tadi beberapa keluhan umum yang sering dialami oleh ibu hamil muda. Bagi Anda yang mengalami keluhan yang tergolong berat dan tidak wajar, sebaiknya konsultasikan atau tanya dokter online kandungan di Halodoc yang melayani konsultasi seputar kesehatan Anda, termasuk juga bagi yang sedang hamil.

Selasa, 11 Februari 2020

Cara Merawat Orang Tua

Kondisi usia yang semakin tua bisa menyebabkan seseorang kembali berperilaku seperti anak-anak. Komunikasi tidak berjalan lancar akibat mengalami pikun bisa menyebabkan orang yang merawatnya kesulitan. Namun, sebagai seorang anak yang sudah dirawat hingga besar tentunya merawat orang tua yang sudah pikunmerupakan suatu  kewajiban. 
Agar lebih tahu bagaimana cara merawat orang tua yang pikun, mari kita ulas paparannya seperti kami rangkum dari blog http://gumilar.net/.

Cara Merawat Orang Tua Pikun dengan Baik

1. Mencarikan Pengobatan Dengan Cara Hipnoterapi
Salah satu solusi paling tepat untukmenangani orang yang pikun adalah dengan melakukan terapi. Hipnoterapi dinilai sangat efektif dalam menyembuhkan kondisi ini. Hal ini dikarenakan penyembuhan ini menggunakan pikiran bawah sadar.Namun, dalam memberikan hipnoterapi ini,orang-orang terdekat harus meminta bantuan dokter atau hipnoterapis yang tepat. Selain itu, anda harus selalu menemani orang tua ketika menjalani terapi. 

2. Memahami Merawatnya Sebagai Suatu Kewajiban
Keadaan merawat orang yang pikun seringkali membuat kita merasa putus asa dan ingin menyerah. Padahal merawat orang tua merupakan salah satu kewajiban anak. Selain itu, perbuatan ini sebagai salah satu balasan dari anak setelah dibesarkan oleh orang tua. Agar pekerjaan merawat orang tua yang pikun terasa lebih ringan dan mudah, ingatlah bagaimana ketika orang tua anda dengan sabar mengurus anda ketika masih kecil. 

Agar tidak sampai uring-uringan, melakukan pekerjaan orang tua harus diiringi dengan niat ikhlas dan tulus. Pekerjaan ini memang bukan tergolong mudah dan membutuhkan kesabaran yang lebih. Apalagi jika kondisi orang tua sudah tidak bisamelakukan kegiatan secara mandiri dengan kondisi tubuh yang lemah.

3. Mengucapkan Kata-Kata yang Lembut
Kondisi usia yang lanjut sangat rentan terhadap depresi, sehingga sebagai seorang anak anda harus selalu memperhatikan kondisinya. Jangan sampai mengeluarkan kata-kata menyakitkan yang akhirnya  bisa menyebabkan orang tua mudah terkena stress. Jika memang mereka memiliki gangguan pendengaran, maka anda harus berbicara dengan jarak yang lebih dekat. Selain itu, jangan berbicara keras dan membentak yang bisa melukai perasaannya.

4. Mendampingi Orang Tua Ketika Melakukan Kegiatan yang Disukai
Meskipun kondisi orang tua yang pikun harus lebih banyak istirahat, namun rasa bosan seringkali menghampirinya. Kurangnya kegiatan bisa menyebabkan orang tua rentan terhadap stres. Biasanya ada beberapa kegiatan yang ingin dilakukan oleh orang tua untuk mengisi waktu, entah itu berkebun, berolahraga maupun menyulam. Sebagai anak,anda harus mendukung dan menemaninya menjalani kegiatan tersebut, agar orang tua lebih semangat.

5. Memberikan Makanan yang Sehat
Kondisi usia lanjut sangat rentan terhadap bebrapa penyakit. Maka dari itu,perlu adanya pemilihan jenis makanan yang tepat untuk orang tua. Hindari memberi makanan yang bisa menyebabkan penyakitnya semakin kambuh. Usahakan untuk selalu memasak makanan yang dikonsumsi oleh orang tua. Pilihlah masakan yang lebih sehat untuk orang tua yang pikun.

6. Rutin Membawa Orang Tua ke Dokter. 
Karena kondisi orang tua sangat rentan terkena penyakit seperti kolesterol, asam urat hingga diabetes, maka anda harus rutin membawanya ke dokter. Dengan memeriksakan kesehatan setiap waktu anda bisa tahu mengenai gejala apa saja yang dialami, serta pengobatan apa yang tepat untuk dilakukan. Jika doketr memberikan resepobat, maka anda harus memberikan kepada orang tua serta mengingatkan untuk meminum obat tersebut sesuai anjuran dokter.

7. Banyak Belajar dan Berlatih Mengenai Cara Merawat yang Baik
Agar lebih memahami bagaimana cara merawat orang tua dengan baik, maka anda perlu belajar dan berlatih. Perbanyak membaca buku mengenai perawatan orang sakit, menanyakan kepada dokter dan perawat tentang cara merawat orang yang sakit seperti cara memberikan obat hingga membersihkan luka-luka. Apalagi jika kondisi orang tua yang pikun tidak bisa beraktivitas sama sekali sehingga hanya bisa berbaring saja di kamar. 

Kondisi orang tua yang sdah pikun memang membuat anak yang merawatnya harus lebih sabar. Maka dari itu, orang yang merawat harus mengetahui cara memperlakukan orang tua dengan baik, apalagi jika kondisinya sedang sakit. Upaya penyembuhan terhadap orang yang pikun bisa dilakukan dengan melakukan hipnoterapi. Penyembuhan ini melibatkan pikiran bawah sadar agar kondisi jiwa orang tua lebih tenang. 

Kamis, 30 Januari 2020

Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Indonesia dan batik, memang menjadi 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Dari dulu batik sangat umum digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat Indonesia. Pengunaan kain batik biasnaya akan dikombinasikan dnegan kebaya dan pakaian adat lainnya, bahkan model batik kian berkembang model batik terbaru 2020 yang juga bisa mix & match dengan pakaian apapun.

Kata batik sendiri berasal dari bahasa jawa Ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik. Kedua kata tersebut berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai membuat titik-titik pada kain yang lebar. Batik juga diartikan secara lebih umum sebagai kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain.  Berikut beberapa batik dari berbagai daerah di Indonesia. 

Batik Tujuh Rupa Pekalongan 
Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai daerah pengrajin batik dan pusat batik. Berbagai motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota pekalongan. Ciri khas batik pekalongan yaitu didominasi dengan motif tumbuh tumbuhan dan hewan. Batik pekalongan akan sangat cantik jika dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

Batik Keraton 
Batik Keraton adalah batik yang awalnya dibuat oleh para putrid an pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Motif batik keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sacral dan sarat akan filisofi kehdupan. Karenanya, dulu batik keraton hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja. 

Batik Parang Rusak 
Motif batik ini pasti sering kita lihat. Motif batik Parang rRusak adalah motif batik yang sangat popular di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak mengandung arti yang mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup, Batik Parang Rusak sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinana berbahan batik.

Batik Lasem
Batk Lases merupakan batik yang berasal dari daerah yang bernama Lasem yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan juga Jawa timier, Batik Lasem memiliki ciri khas warna merah menyala. Hal ini disebabkan karena batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina

Batik Priyangan Tasikmalaya 
Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dari ciri khasnya yang memiliki corak yang rapat, rapi serta berkelas. Dominasi motif rumput serta tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik priyangan.

Batik Bali
Dari berbagai macam ragam batik. Batik dari Pulau Dewata ini juga tidak kalah popular. Motif batik bali yang banyak terinspirasi dari berbagai macam hewan seperti banagu, kura-kura juga rusa. Ditambah warna-warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan warna cerah, biru, kuning dan juga ungu.

Batik malang 
Kota malang, jawa timur juga mempunyai motif batik kebangaan. Batik malang memiliki ciri khas warna cerah. Motif batik malang juga unik, yakni kombinasi gambar-gambar candi yang ada di kota tersebut. 


Batik Pring Sedapur Magetan 
Batik Pring Sedapur Magetan adalah pilihan batik dengan motif sederhana dan juga simple. Meski begitu, batik Pring Sedapur sarat akan makna filososfis. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tanaman bamu yang mengandung arti hidup rukun dan juga tentram. 

Batik Betawi
Betawi juga mempunyai batik, yang biasnaya muncul pada hari kebudayaan Betawi. Pilihan warna warna cerah yang mencolok dipadukan dnegan motif unik khas Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong yang menjadi ciri khas batik Betawi.